Advokasi


SLOGAN

“Semangat Berkarya, Giat Melayani”

MOTO

“ Kebijakan dan kebijakan adalah perisai tebaik “

Advokasi : Usaha untuk mengubah sebuah kebijakan yang tidak sejalan dengan kesejahteraan dan keadilan mahasiswa menjadi sesuatu kebijakan yang baru.

—Pengurus Harian Departemen Advokasi Kemahasiswaan

Ketua Departemen :  Wim Triyanto Silambi

—Ketua Divisi :

– Internal : Deni Kiswanto

– Eksternal : Ifan Alfian M.

—Anggota :

1. Gusti

2.  Wariston

3.  Takhesi Meikawa

4. Yonathan

5. Sofyan P.S.

PERANGKAT ADVOKASI

  • Suporting units. Bisa berupa pengumpulan dan pengolahan logistik, dana, informasi, dan data. Dekat dengan kerja investigasi, pengkajian,
  • Ground&Underground. Bisa diartikan sebagai cara untuk membangun opini publik, gerakan penyadaran, mobilisasi masa, dll. Intinya ada yang bergerak di permukaan, dan ada yang bergerak di belakang. Bisa dilakukan dengan bantuan media, dialog, aksi, dll
  • Frontliner. Dibagi menjadi dua, peran strategis dan peran taktis. Posisinya ada di perunding, pelobi, juru bicara, dll.

LANGKAH-LANGKAH ADVOKASI

  • Mendapat kasus, konfirmasi dengan ‘korban’
  • Investigasi data (Ke pelaku, pihak lain)
  • Kajian data (Bisa minta pendapat ahli, hearing, kuesioner, diskusi, dll) dilanjutkan pengambilan sikap
  • Lobbi dan negosiasi dengan pihak terkait (Bisa selesai disini)
  • Bangun opini publik dengan media
  • Aksi (Untuk penekanan)
  • Bawa kasus ke pengadilan (Langkah terkahir, ikuti prosedur hukum acara)

ETIKA ADVOKASI

  • Bekerja secara profesional, memanajemen konflik
  • Dampingi korban dari awal hingga akhir kasus
  • Menjaga rahasia, nama baik korban, pelapor
  • Bekerja sesuai koridor hukum yang berlaku
  • Tidak menerima suap dalam bentuk apapun
  • Membela kebenaran dan keadilan, khususnya bagi Mahasiswa

Visi

SEBAGAI RODA PENGGERAK DEMI TERWUJUDNYA MAHASISWA TEKNIK YANG KRITIS, PROFESIONALITAS DAN ASPIRATIF

MISI

  1. —MERUMUSKAN PROGRAM KERJA BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI DEPARTEMEN ADVOKASI
  2. —MENGHIMPUN SEMUA ASPIRASI  YANG DISAMPAIKAN OLEH MAHASISWA TEKNIK
  3. —MENJADI MEDIATOR ANTARA MAHASISWA TEKNIK DENGAN CIVITAS AKADEMIK
  4. —MENJALIN HUBUNGAN INTERNAL DENGAN SELURUH LEMBAGA DI FAKULTAS TEKNIK
  5. —MENJALIN HUBUNGAN EKSTERNAL DENGAN  BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA LAINNYA

 

RENCANA PROGRAM KERJA

  • —TERJADWALKAN

    1. Tindak Lanjut Isu UKT (Uang Kuliah Tunggal)
    2. Kotak Saran
    3. Media Sosial Advokasi (Facebook, Twitter)
    4. Rapat KBMFT
    5. Kuisioner
    6. Advokasi Goes to Public
    7. Pelatihan Advokasi
    8. Pelatihan Lobbying
    9. Lambang Advokasi
    10. Baju PDH Advokasi
  • —INSIDENTAL