Uang Kuliah Tunggal Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Samarinda


Ada info baru ni mengenai UKT Fakultas Teknik, yuk di simak kawan-kawan, kami butuh persetujuan kawan-kawan Semua………..

langkah awal Pergerakan kita dimulai sebelum mahasiswa baru diterima di F.Teknik Unmul, Diawal kita telah beberapa kali audiensi dengan pihak Rektorat, di awal kita mengambil sikap Untuk menolak diberlakukannya UKT. karena UKT ini adalah peraturan mentri maka mau tidak mau kebijakan ini tetap dilaksanakan, akan tetapi BEM Teknik tetap mengawal UKT. kemudian Bem Teknik mengikuti audiensi dengan pihak rektorat dengan agenda “osialisasi penggolongann UKT”. BEM teknik tetap mengkritisi, kemudian kita menunggu besaran UKT yang dirancang oleh fakultas teknik dari golongan 1 sampai 5, melalui beberapa kali pertemuan dengan PD 2 untuk meminta besaran UKT namun banyak menemui kendala, sampai pada pertemuan dengan rektorat yang kedua kalinya BEM Teknik angkat bicara mengenai Transparansi besaran UKT yang ditutup-tutupi. pertemuan itu dihadiri oleh Rektor, PR 1, PR 2, PR 3, semua Dekan se-unmul dan BEM se-Unmul termasuk BEM Teknik, BEM Teknik angkat bicara meminta Transparansi besaran UKT dalam Forum yang dihadiri Dekan Fakultas Teknik juga dan akhirnya Dekan Fakultas Teknik menjanjikan akan memberikan Data UKT kepada BEM Teknik (sebelum registrasi Maba), namun pada perjalanannya proses pengambilan data UKT yang melalui PD 2 ternyata menemui jalan buntu dan data yang dijanjikan tak diberi, sampai akhirnya BEM Teknik memberikan surat tuntutan kepada Dekan F.Teknik yang berisi 5 tuntutan, isi tuntutan:
a. Transparansi UKT,
b. Meminta data UKT dan BOPTN yg dijanjikan,
c. Transparansi mekanisme pengurangan biaya UKT.
d. Transparansi validasi/verifikasi UKT mahasiswa baru, dan
e. Transparansi penentuan UKT golongan 3,4, dan 5.

00Uang-kuliah

ke-lima tuntutan itu dibuat dalam bentuk surat resmi yg kemudian ditembuskan kpd Rektor, RR 1, PR 2, PR 3, Ketua Tim UKT, BEM se-unmul, surat tersebut sampai kpd Dekan Teknik sekitar pukul 11.00 dan langsung dibalas sorenya pukul 15.00. isi surat balasannya adalah “agar PD 2 segera menemui BEM Teknik untuk memenuhi segala tuntutan yang dibuat oleh BEM Teknik.

Keesokan harinya BEM Teknik diantar oleh PD3 untuk bertemu dengan PD2 membahas isi surat tuntutan tersebut, namun tidak membuahkan hasil, BEM Teknik tidak patah semangat demi memperjuangkan kawan-kawan mahasiswa baru agar mendapatkan keringanan UKT dengan merancang gerakan, BEM Teknik mengumpulkan mahasiswa baru yang mendapatkan UKT mahal dan tdk sesuai kemampuan mahasiswa tersebut untuk diAdvokasikan, dan alhamdulillah semua MABA yang kita perjuangakan mendapatkan keringanan UKTnya sesuai kemampuan orang tuanya. sambil memperjuangkan MABA, BEM Teknik terus berusaha meminta Transparansi UKT yang dijanjikan dengan merancang gerakan, sampai pada akhirnya tgl 25 Agustus BEM Teknik diundang oleh Dekan untuk membicarakan besaran UKT yang tidak wajar menurut BEm Teknik, pertemuan bersama Dekan, PD2, PD3 akhirnya membuahkan hasil dari lima tuntutan yang diajukan semuanya dipenuhi oleh pak Dekan Teknik. BEM Teknik diberi mandat langsung oleh Dekan untuk mengumpulkan MABA yg merasa keberatan dengan UKTnya untuk diturunkan. ada beberapa kesepakatan yang berhasil tercapai pada pertemuan itu, diantaranya adalah:
a. semua maba yang mengajukan surat pengurangan biaya akan dipenuhi,
b. BEM Teknik diberi Waktu 3 hari untuk mencari maba yang merasa keberatan dengan UKTnya untuk mendapatkan keringanan,
c. Besaran UKT untuk semester depan akan dirancang bersama BEM untuk ditata ulang agar tidak lagi sampai 8juta persemester,
d. semua MABA yang bisa membuktikan bahwa ia tidak mampu akan mendapatkan keringanan dari pihak Fakultas, dan
e. dan akhirnya melalui instruksi keras dari dekan kpd PD2 BEM Teknik mendapatkan sampel besaran UKT Teknik.

belum puas sampai disitu, BEM Teknik terus mengawal UKT hingga mendapatkan Besaran UKT untuk semester depan, dan pada hari Sabtu 7 september BEM teknik mendapat rekomendasi dari fakultas terkait besaran UKT semester depan yang akan di ajukan. rancangan besaran UKT untuk semester depan adalah:
golongan 1 = 500 ribu,
golongan2 = 1 juta,
golongan3 = 3.700.000,
golongan 4 = 5juta, dan
golongan 5 = 6juta.
sehingga bisa dipastikan besaran UKT termahal di F. Teknik unmul untuk semester depan tidak lagi 8juta. hari sabtu 7 september 2013 BEM Teknik menerima surat dari Fakultas mengenai besaran UKT semester depan. BEM Teknik diminta untuk menyetujui besaran UKT yang telah disebutkan dibawah tadi untuk diajukan ke Rektor oleh Dekan, isi surat yang dibuat oleh Fakultas Teknik unmul adalah mengenai semua tuntutan mahasiswa untuk diajukan kerektor dan kementrian. isi surat tersebut adalah:
a. usulan perubahan UKT perkelompok,
b. perlunya penyempurnaan sistem online UKT
c. semua informasi sistem UKT agar sudah dapat diketahui melalui https://unmul.ac.id
d. calon pendaftar sejak awal harus sudah mengetahui yang bersangkutan masuk dalam UKT mana jika diterima nantinya,
e. sehingga sebelum registrasi MABA harus telah mengetahui besaran UKT yang ia dapat
f. perlunya penyempurnaan formulasi penggolongan UKT sesuai penghasilan orang tua dengan aturan yg berlaku.

surat tersebut juga melampirkan besaran UKT terbaru untuk semester depan yg akan diajukan ke Rektor, namun BEM Teknik selaku perwakilan mahasiswa masih mengkaji besarn terbaru tersebut sebelum ditanda tangani oleh ketua BEM teknik. nantinya setelah ditanda tangani oleh Ketua BEM Teknik nantinya besarn UKT terbaru tersebut akan diajukan ke Rektorat dan Kemendikbud. surat ajuan tersebut tetap atas nama Fakultas Teknik yang dibubuhi oleh tanda tangan Dekan Fakultas Teknik untuk diajukan, BEM F. Teknik unmul adalah satu-satunya di Indonesia yang berhasil menurunkan besaran UKT yg telah ditentukan. maka kami meminta pendapat kpd seluruh mahasiswa Teknik terkait besaran UKT terbaru yg telah kami sebutkan tadi, agar segera disahkan.

tidak mudah proses perjuangan untuk dapat menurunkan UKT ini kawan, Demi MABA Teknik kami tetap berusaha semaksimal mungkin,Mohon doanya, golongan 3 adalah besaran Standar (besaran Normal) untuk biaya kuliah di teknik unmul, jika di total dari seluruh MABA, biaya UKT yang berhasil di turunkan oleh BEM Teknik kurang lebih Mencapai 200juta rupiah. perjuangan UKT ini akan berdampak pada MABA-MABA Teknik selanjutnya, pada adik-adik ataupun anak cucu kita nantinya yang akan berkuliah, Pihak fakultas memberikan waktu sampai senin, 10 september 2013 kpd BEM Teknik untuk menyutujui besaran UKT terbaru yang dirancang.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s