Seberapa Pentingkah Almamater Bagi Kalian ?


Kami Muslim FTIP

 

Seragam adalah identitas. Dia adalah petunjuk, dari golongan mana seseorang berasal. Seorang remaja berpakaian putih abu-abu, tentu dia adalah seorang siswa SMA/SMK. Benak kita akan langsung menyebut nama ‘siswa SMA’ ketika melihat remaja berpakaian putih abu-abu, karena seragam tersebut memang sering digunakan oleh mereka. Lalu, bagaimanakah dengan mahasiswa?
Dalam aktivitas kuliahnya, mahasiswa menggunakan pakaian yang tidak seragam layaknya siswa SMA—kecuali universitas kejuruan atau yang ada ikatan dinas seperti IPDN. Pakaian yang mereka gunakan sudah dimodifikasi sedemikian rupa, mengikuti perkembangan yang ada dan tentunya sesuai selera mereka—yang penting masih menjaga batas-batas kepatutan. Tidak ada yang bisa langsung menyebutkan atau menebak, seseorang adalah mahasiswa, kecuali dikenali lewat Kartu Tanda Mahasiswa.
Namun, ada seragam tertentu yang bisa menjadi identitas seorang mahasiswa. Seragam tersebut lazim disebut sebagai jas almamater. Tentu saja, jas almamater tidak dipakai setiap hari ke kampus. Jas almamater dipakai dalam momen-momen khusus. Jas almamater berfungsi sebagai public relation bagi sebuah…

Lihat pos aslinya 323 kata lagi