SELAMAT HARI BATIK 2 oktober 2013


Batik adalah warisan budaya Indonesia yang sangat bernilai. Sudah sejak lama Indonesia menciptakan batik dengan beragam motif dan rupa. Akan keindahannya inilah batik sempat menjadi polemik dimana ada negara tetangga yang mencoba mengklaim batik.

Akan tetapi, UNESCO selaku badan PBB yang mengurusi masalah peninggalan Budaya menetapkan batik jadi milik Indonesia. Penetapan tersebut di umumkan pada tanggal 2 Oktober 2009. Untuk mengenang hari bersejarah tersebut, kini setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai hari batik nasional. Ternyata, apresiasi dunia terhadap batik cukup besar.
UNESCO juga menulis dalam situs resminya, batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.

Sungguh hal ini sangat membanggakan dimana budaya luhur bangsa Indonesia telah mendaptkan pengakuan dari dunia. Pemilihan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional, mengingat pada tanggal itu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia. “Penerbitan Kepres Nomor 33 Tahun 2009 sebagai usaha pemerintah meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional. Selain untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia,” Penetapan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

MAKA DARI ITU  MARI SAUDARAKU SEKALIAN KITA GUNAKAN BATIK PADA TANGGAL 2 OKTOBER SEBAGAI WUJUD KEPEDULIAN DAN KECINTAAN KITA KEPADA BUDAYA BANGSA DAN NEGARA !!!

BUKTIKAN BAHWA KITA CINTA DENGAN BUDAYA KITA .,.,.,.,