survei kepuasan pelayanan di fakultas teknik (part 2)


BAB II

PENGUMPULAN DATA

 

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda, data yang diperoleh adalah data tingkat kepuasan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Data tersebut adalah hasil dari kuesioner kepuasan pelayanan. Adapun tahapan yang dilakukan pada penyebaran kuesioner yaitu pre-sampling kuesioner dan kuesioner formal. Pre-sampling kuesioner dilakukan untuk mengetahui apakah responden sudah mengerti terkait isi dari kuesioner tersebut, dan kuesioner formal dilakukan untuk memperoleh data tingkat kepuasan layanan.

 

Pengumpulan data dilakukan dengan menyusun kueisoner dan kemudian disebarkan kepada responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda, khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Industri yang saat ini aktif di Fakultas Teknik ini dengan tahun masuk kuliah yaitu tahun 2011 atau sebelumnya. Adapun tahapan pengumpulan data pada penelitian ini sebagai berikut.

 

2.1       Penyusunan Kuesioner

 

Pada penelitian ini, alat yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data adalah kuesioner. Penyusunan kuesioner pada penelitian ini awalnya dilakukan dengan pengumpulan atribut-atribut pelayanan yang tepat yang terdapat di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda yaitu dengan meneliti kualitas pelayanan akademik Fakultas Teknik, ruang kuliah dan kegiatan perkuliahan mahasiswa di Fakultas Teknik, dan ruang laboratorium beserta kegiatan praktikum mahasiswa di Fakultas Teknik. Selain itu, penentuan atribut-atribut juga dilakukan dengan berdasarkan hasil wawancara dengan pengguna jasa, dalam hal ini mahasiswa/i Fakultas Teknik terkait atribut-atribut pelayanan kualitas. Di dalam kuesioner penelitian ini, terdapat identitas responden dan pernyataan-pernyataan tingkat kepuasan (persepsi dan harapan) responden. Kuesioner identitas responden ditujukan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan responden, sedangkan kuesioner tingkat kepuasan ditujukan untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan berdasarkan persepsi dan harapan responden.

 

Kuesioner bagian identitas responden pada penelitian ini yang dibutuhkan hanyalah nama responden, angkatan/tahun masuk kuliah responden, dan jenis kelamin responden, Hal itu dikarenakan hanya tahun masuk responden dan jenis kelamin responden, dalam hal ini reponden adalah mahasiswa Teknik Industri, yang tepat untuk digunakan sebagai pembeda di dalam pengukuran tingkat kualitas pelayanan ini. Kemudian, untuk atribut-atribut pelayanan kualitas yang lainnya (pernyataan-pernyataan tingkat kepuasan) dapat dilihat seperti pada Tabel 2.1 berikut ini:

No

Atribut Pernyataan

Dimensi Tangible (Bukti Langsung)

1

Ruang akademik FT bersih dan rapi

2

Pegawai/staff akademik FT berpenampilan rapi.

3

Ruang tunggu akademik FT memadai.

4

Ruang kuliah FT bersih dan rapi.

5

Fasilitas ruang kuliah FT (AC, Kipas angin, LCD, Papan tulis, dll) lengkap.

6

Ruang kuliah FT nyaman.

7

Dosen FT berpenampilan rapi.

8

Ruang laboratorium FT bersih dan rapi

9

Fasilitas ruang laboratorium FT lengkap.

10

Ruang laboratorium FT nyaman.

11

Asisten praktikum berpenampilan rapi.

Dimensi Responsiveness (Daya Tanggap)

12

Apabila ada masalah yang timbul ketika pengurusan KRS, Transkrip nilai, KHS, dll. pegawai/staff akademik FT siap membantu.

13

Pegawai/staff akademik FT mampu menyelesaikan keluhan mahasiswa.

14

Pegawai/staff akademik FT mampu memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti.

15

Dosen FT mampu memberikan materi kuliah yang jelas dan mudah dimengerti.

16

Asisten praktikum mampu memberikan materi praktek yang jelas dan mudah dimengerti

Dimensi Reliability (Keandalan)

17

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. mudah dan tidak berbelit-belit.

18

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT cepat dan tepat.

19

Pegawai/staff akademik FT. mampu menjawab pertanyaan dari mahasiswa.

20

Dosen FT. memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan dari mahasiswa.

21

Asisten praktikum memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan dari praktikan.

22

Pegawai/ staff akademik FT melayani dengan sopan dan ramah.

23

Pegawai/staff akademik FT. siap menyelesaikan keluhan mahasiswa .

24

Dosen FT selalu hadir tepat waktu.

25

Dosen mengajar sesuai waktu perkuliahan.

26

Dosen selalu memberikan materi kuliah kepada mahasiswa.

27

Dosen mengajar sesuai dengan silabus perkuliahan.

28

Fasilitas perlengkapan di ruang kelas perkuliahan dapat digunakan.

29

Praktikum selalu dimulai dengan tepat waktu.

30

Asisten pratikum menyampaikan materi sesuai dengan modul praktikum.

31

Fasilitas perlengkapan di ruang laboratorium dapat digunakan.

32

Seluruh praktikan mendapatkan alat praktikum yang layak ketika praktek di laboratorium.

Dimensi Emphaty (Empati)

33

Pegawai/staff akademik FT turut membantu mahasiswa dalam pengisian KRS.

34

Dosen pembimbing peduli terhadap mahasiswa.

35

Dosen mudah ditemui di luar waktu perkuliahan

36

Tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen sesuai dengan materi kuliah yang pernah diberikan.

37

Asisten praktikum peduli terhadap praktikan.

38

Asisten praktikum mudah ditemui di luar waktu praktikum.

Kemudian, selanjutnya ditentukan pula teknik pengukuran variabel dan teknik pengambilan sampel pada penyusunan kuesioner penelitian ini.

 

2.1.1    Teknik Pengukuran Variabel

 

Pada penelitian ini, kuesioner disusun dengan kalimat penyataan-pernyataan berdasarkan 5 dimensi kualitas layanan pada Servqual. Responden diminta memberikan tanggapannya dengan memilih salah satu pilihan jawaban. Adapun pilihan jawaban yang disediakan yaitu bersifat kualitatif yang kemudian dikuantitatifkan dengan skala 1 sampai 5. Adapun skala-skala yang digunakan pada bagian persepsi dan harapan responden, yaitu sebagai berikut:

  1. Skala pada bagian persepsi responden

Skala yang digunakan pada bagian jawaban dari persepsi responden adalah:

  1. Skala 1  = sangat tidak setuju,
  2. Skala 2  = tidak setuju,
  3. Skala 3  = cukup setuju,
  4. Skala 4  = setuju, dan
  5. Skala 5  = sangat setuju.
  6. Skala pada bagian harapan responden

Kemudian, skala yang digunakan pada bagian jawaban dari harapan responden adalah:

  1. Skala 1  = sangat tidak penting,
  2. Skala 2  = tidak penting,
  3. Skala 3  = cukup penting,
  4. Skala 4  = penting, dan
  5. Skala 5  = sangat penting.

 

Pernyataan-pernyataan yang diajukan di dalam kuesioner pre-sampling tersebut secara lengkap dapat dilihat pada Lampiran 1.

 

2.2       Penyebaran Kuesioner

 

Penyebaran kuesioner dilakukan dengan dua tahap, yaitu pada tahap pertama berupa pre-sampling kuesioner dan tahap kedua berupa penyebaran kuesioner formal. Namun, sebelum dilakukan penyebaran kuesioner terlebih dahulu dilakukan penentuan teknik pengambilan sampel yang akan digunakan.

 

2.2.1        Teknik Pengambilan Sampel

 

Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan khusus sehingga layak untuk dijadikan sebuah sampel. Pada penelitian ini, pemilihan sampel (responden), dalam hal ini mahasiswa yang akan mengisi kuisioner dipilih secara sengaja, yaitu dengan pertimbangan responden (mahasiswa) tersebut merupakan mahasiswa Teknik Industri di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda ini dengan tahun masuk kuliah yaitu tahun 2011 atau sebelumnya. Adapun kriteria yang digunakan yaitu berdasarkan what, who, when, where, dan how. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kriteria tersebut yang perlu diperhatikan saat memilih responden dan menyebarkan kuesioner, yaitu:

  1. What

Hal-hal yang perlu disampaikan kepada responden sebelum memberikan kuesioner adalah memperkenalkan diri, menjelaskan maksud dan cara pengisian kuesioner, serta meminta ketersediaan waktu dari responden agar bersedia mengisi kuesioner.

  1. Who

Responden adalah mahasiswa Teknik Industri Universitas Mulawarman Samarinda di Fakultas Teknik ini dengan tahun masuk kuliah yaitu tahun 2011 atau sebelum tahun 2011.

  1. When

Penyebaran kuesioner dilakukan pada saat jeda jam perkuliahan di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda. Adapun waktu perkuliahan di Fakultas Teknik yaitu Senin sampai dengan Sabtu mulai dari pukul 07.30 – 15.00 WITA.

  1. Where

Tempat pelaksanaan pada saat penyebaran kuesioner penelitian ini yaitu di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda, yang merupakan lokasi dari tempat perkuliahan mahasiswa/i Program Studi Teknik Industri.

  1. How

Teknik penyebaran kuesioner yang dilakukan yaitu dengan memilih dan mendatangi responden secara langsung, kemudian memberikan angket/blangko kuesioner kepada responden, dan menunggunya hingga responden telah selesai mengisi kuesioner tersebut.

 

Setelah dilakukan penentuan teknik pengambilan sampel, selanjutnya dilakukan penyebaran kuesioner secara pre-sampling dan secara formal.

 

2.2.2        Penyebaran Pre-Sampling Kuesioner

 

Pada tahapan pre-sampling kuesioner ini, kuesioner disebarkan sebanyak 10 buah dan disebarkan kepada 10 orang responden pre-sampling, sehingga kuesioner pre-sampling yang disediakan tersebut terpakai seluruhnya. Pre-sampling kuesioner ini berisikan beberapa atribut/pernyataan yang ditawarkan kepada responden, untuk kemudian responden menilai bahwa atribut/pernyataan manakah yang tidak diperlukan di dalam kuesioner, atribut mana yang haru diperbaiki, dan atau atribut apa yang sebaiknya perlu ditambahkan ke dalam kuesioner. Kuesioner pre-sampling tersebut disebarkan dengan teknik puposive sampling kepada mahasiswa 10 Teknik Industri, pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2013 di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman pukul 09.00 – 10.00 WITA.

 

Setelah dilakukan pre-sampling kuesioner tersebut, diperoleh beberapa perubahan yang perlu dilakukan terhadap atribut-atribut pada Tabel 2.1, dengan perubahan-perubahan tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Pada atribut/butir ke 11, pernyataan “Asisten praktikum berpenampilan rapi” diubah menjadi “Asisten dosen pada praktikum berpenampilan rapi”.
  2. Pada atribut/butir ke 13, pernyataan “Pegawai/staff akademik FT. mampu menyelesaikan keluhan mahasiswa” diubah menjadi “Pegawai/staff akademik FT. mampu menyelesaikan keluhan akademik mahasiswa”.
  3. Pada atribut/butir ke 16, pernyataan “Asisten praktikum mampu memberikan materi praktek yang jelas dan mudah dimengerti” diubah menjadi “Asisten dosen pada praktikum mampu memberikan materi praktek yang jelas dan mudah dimengerti”.
  4. Pada atribut/butir ke 18, pernyataan “Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. cepat dan tepat” diubah menjadi 2 pernyataan yang berbeda, sehingga jumlah atribut pada kuesioner bertambah 2 butir, yaitu pada atribut ke 18 menjadi “Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. cepat” dan pada atribut ke 19 yang baru berubah menjadi “Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. tepat”.
  5. Pada atribut/butir ke 19 hingga atribut/butir ke 38 selanjutnya pada angket kuesioner yang baru (kuesioner formal) akan berubah menjadi atribut/butir ke 20 hingga atribut/butir ke 39.
  6. Pada atribut/butir ke 19, pernyataan “Pegawai/staff akademik FT. mampu menjawab pertanyaan dari mahasiswa” diubah menjadi “Pegawai/staff akademik FT. mampu menjawab pertanyaan seputar akademik dari mahasiswa”.
  7. Pada atribut/butir ke 20, pernyataan “Dosen FT. memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan dari mahasiswa” diubah menjadi “Dosen FT. memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan terkait materi kuliah dari mahasiswa”.
  8. Pada atribut/butir ke 21, pernyataan “Asisten praktikum memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan dari praktikan” diubah menjadi “Asisten dosen pada praktikum memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan dari praktikan”.
  9. Pada atribut/butir ke 25, pernyataan “Dosen mengajar sesuai waktu perkuliahan” diubah menjadi “Dosen mengajar sesuai dengan waktu/jadwal perkuliahan”.
  10. Pada atribut/butir ke 30, pernyataan “Asisten praktikum menyampaikan materi sesuai dengan modul praktikum” diubah menjadi “Asisten dosen pada praktikum menyampaikan materi sesuai dengan modul praktikum”.
  11. Pada atribut/butir ke 32, pernyataan “Seluruh praktikan mendapatkan alat praktikum yang layak ketika praktek di laboratorium” diubah menjadi “Praktikan mendapatkan alat praktikum yang layak ketika praktek di laboratorium”.
  12. Pada atribut/butir ke 37, pernyataan ““Asisten praktikum peduli terhadap praktikan” diubah menjadi “Asisten dosen pada praktikum peduli terhadap praktikan”.
  13. Pada atribut/butir ke 38, pernyataan ““Asisten praktikum mudah ditemui di luar waktu praktikum” diubah menjadi “Asisten dosen pada praktikum mudah ditemui di luar waktu praktikum”.
  14. Seluruh keterangan dimensi pada angket kuesioner pre-sampling tidak dicantumkan penulisannya pada angket kuesioner formal.
  15. Ditambahkan atribut/butir ke 40 dengan pernyataan “Secara keseluruhan, kualitas pelayanan akademik, perkuliahan, dan laboratorium FT. memuaskan”.

Kemudian, untuk atribut-atribut pelayanan kualitas setelah dilakukan perubahan-perubahan pada pernyataan-pernyataan tingkat kepuasan untuk kuesioner formal dapat dilihat seperti pada Tabel 2.2 berikut ini:

No

Atribut Pernyataan

1

Ruang akademik FT bersih dan rapi

2

Pegawai/staff akademik FT. berpenampilan rapi.

3

Ruang tunggu akademik FT. memadai.

4

Ruang kuliah FT. bersih dan rapi.

5

Fasilitas ruang kuliah FT. (AC, Kipas angin, LCD, Papan tulis, dll) lengkap.

6

Ruang kuliah FT. nyaman.

7

Dosen FT. berpenampilan rapi.

8

Ruang laboratorium FT. bersih dan rapi

9

Fasilitas ruang laboratorium FT. lengkap.

10

Ruang laboratorium FT. nyaman.

11

Asisten dosen pada praktikum praktikum berpenampilan rapi.

12

Apabila ada masalah yang timbul ketika pengurusan KRS, Transkrip nilai, KHS, dll. pegawai/staff akademik FT. siap membantu.

13

Pegawai/staff akademik FT. mampu menyelesaikan keluhan akademik mahasiswa.

14

Pegawai/staff akademik FT. mampu memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti.

15

Dosen FT. mampu memberikan materi kuliah yang jelas dan mudah dimengerti.

16

Asisten dosen pada praktikum praktikum mampu memberikan materi praktek yang jelas dan mudah dimengerti

17

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. mudah dan tidak berbelit-belit.

18

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. cepat.

19

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. tepat.

20

Pegawai/staff akademik FT. mampu menjawab pertanyaan seputar akademik dari mahasiswa.

21

Dosen FT. memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan terkait materi kuliah dari mahasiswa.

22

Asisten dosen pada praktikum praktikum memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan dari praktikan.

23

Pegawai/ staff akademik FT. melayani dengan sopan dan ramah.

24

Pegawai/staff akademik FT. siap menyelesaikan keluhan mahasiswa .

25

Dosen selalu hadir tepat waktu.

26

Dosen  mengajar sesuai dengan waktu/jadwal perkuliahan.

27

Dosen selalu memberikan materi kuliah kepada mahasiswa.

28

Dosen mengajar sesuai dengan silabus perkuliahan.

29

Fasilitas perlengkapan di ruang kelas perkuliahan dapat digunakan.

30

Praktikum selalu dimulai dengan tepat waktu.

31

Asisten dosen pada pratikum menyampaikan materi sesuai dengan modul praktikum.

32

Fasilitas perlengkapan di ruang laboratorium dapat digunakan.

33

Praktikan mendapatkan alat praktikum yang layak ketika praktek di laboratorium.

34

Pegawai/staff akademik FT. turut membantu mahasiswa dalam pengisian KRS.

35

Dosen pembimbing peduli terhadap mahasiswa.

36

Dosen mudah ditemui di luar waktu perkuliahan

37

Tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen sesuai dengan materi kuliah yang pernah diberikan.

38

Asisten dosen pada praktikum peduli terhadap praktikan.

39

Asisten dosen pada praktikum mudah ditemui di luar waktu praktikum.

40

Secara keseluruhan, pelayanan akademik, perkuliahan, dan laboratorium FT.  memuaskan.

Pernyataan-pernyataan yang diajukan di dalam kuesioner formal tersebut secara lengkap dapat dilihat pada Lampiran 2.

 

1.2.1        Penyebaran Kuesioner Formal

 

Setelah selesai tahap pre-sampling kuesioner, maka selanjutnya dilakukan penyebaran kuesioner formal. Adapun jumlah kuesioner yang disebarkan pada penyebaran kuessioner formal ini yaitu sebanyak 45 buah kueisoner. Penyebaran kuesioner formal ini dilakukan pada hari Selasa tanggal 21 Mei 2013 pukul 09.00 – 15.00 WITA di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda.

 

Setelah dilakukan penyebaran kuesioner, kemudian diperoleh hasil pengumpulan data berdasarkan jawaban dari kuesioner yang telah diisi oleh 45 orang responden dengan jumlah atribut/pernyataan sebanyak 40 butir pada setiap kuesionernya.

Kemudian, selain data kepuasan layanan tentang persepsi dan harapan dari responden, salah satu objek penelitian yang cukup penting lainnya adalah data responden. Data responden memudahkan kita untuk mendefinisikan responden, dalam hal ini mahasiswa/i secara umum. Dengan mengetahui karakteristik responden, kita dapat melakukan penjabaran-penjabaran yang lebih rinci terkait dengan kebutuhan-kebutuhan responden. Dengan mengetahui kebutuhan tersebut, proses perhitungan variabel/atribut Servqual dapat dilakukan dengan lebih mudah.

 

Adapun rincian dari data karakteristik responden yang mengisi kuesioner tingkat kepuasan kualitas layanan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda yaitu seperti pada Gambar 2.1 berikut ini:

 

Gambar 2.1      Jumlah responden berdasarkan jenis kelamin

 

Jumlah responden keseluruhan adalah sebanyak 45 orang, dengan rincian jumlah responden laki-laki adalah sebanyak 32 orang, sedangkan jumlah responden perempuan adalah sebanyak 13 orang. Adapun persentase dari jumlah responden laki-laki yaitu sebesar 71,11%, sedangkan persentase dari jumlah responden perempuan adalah sebesar 28,89%.

 

Selain berdasarkan jenis kelamin, data karakteristik responden juga dirincikan berdasarkan tahun masuk kuliah responden tersebut. Adapun rincian data responden berdasarkan tahun masuk kuliah di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda yaitu seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.2 berikut:

 

 

Gambar 2.2      Jumlah responden berdasarkan tahun masuk kuliah

 

Jumlah responden mahasiswa angkatan 2009 adalah sebanyak 5 orang, jumlah responden mahasiswa angkatan 2010 adalah sebanyak 22 orang, sedangkan jumlah responden mahasiswa angkatan 2011 sebanyak 18 orang. Adapun persentase dari jumlah responden mahasiswa angkatan 2009  sebesar 11,11%, persentase jumlah responden mahasiswa angkatan 2010 sebesar 48,89% sedangkan persentase dari jumlah responden mahasiswa angkatan 2011 sebesar 40,00%.

 

Setelah dilakukan pengumpulan data, maka selanjutnya akan dilakukan pengolahan data terkait data yang diperoleh dari hasil kuisioner tersebut.

 

1.2             Wawancara dengan Pihak Manajemen

Pengumpulan data juga dilakukan dengan menggunakan wawancara langsung dengan pihak manajemen. Pihak manajemen yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah Ketua Program Studi S-1 Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda, yaitu Bapak Dutho Suh Utomo. Wawancara ini dilakukan pada hari Jumat, tanggal 24 Mei 2013 di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda. Wawancara dengan pihak manajemen dilakukan untuk mengetahui seperti apa persepsi dan harapan dari pihak manajemen Fakultas Teknik terkait dengan kualitas pelayanan yang telah diberikan hingga saat ini. Adapun data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak manajemen yaitu seperti yang disajikan pada Tabel 2.5 berikut:

No

Atribut

Persepsi

Harapan

Tangible (Bukti Nyata)

1.

Ruang akademik FT bersih dan rapi

3

5

2.

Pegawai/staff akademik FT. berpenampilan rapi.

5

5

3.

Ruang tunggu akademik FT. memadai.

3

4

4.

Ruang kuliah FT. bersih dan rapi.

3

5

5.

Fasilitas ruang kuliah FT. (AC, Kipas angin, LCD, Papan tulis, dll) lengkap.

2

5

6.

Ruang kuliah FT. nyaman.

3

5

7.

Dosen FT. berpenampilan rapi.

5

5

8.

Ruang laboratorium FT. bersih dan rapi

3

5

9.

Fasilitas ruang laboratorium FT. lengkap.

2

5

10.

Ruang laboratorium FT. nyaman.

3

5

11.

Asisten dosen pada praktikum berpenampilan rapi.

5

5

Responsiveness (Daya Tanggap)

12.

Apabila ada masalah yang timbul ketika pengurusan KRS, Transkrip nilai, KHS, dll. pegawai/staff akademik FT. siap membantu.

4

5

13.

Pegawai/staff akademik FT. mampu menyelesaikan keluhan akademik mahasiswa.

3

4

14.

Pegawai/staff akademik FT. mampu memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti.

3

5

15.

Dosen FT. mampu memberikan materi kuliah yang jelas dan mudah dimengerti.

3

5

16.

Asisten dosen pada praktikum mampu memberikan materi praktek yang jelas dan mudah dimengerti

3

5

Reliability (Keandalan)

17.

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. mudah dan tidak berbelit-belit.

3

5

18.

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. cepat.

3

5

19.

Proses pelayanan KRS, Transkrip, Legalisir KHS, dll. di akademik FT. tepat.

3

5

20.

Pegawai/staff akademik FT. mampu menjawab pertanyaan seputar akademik dari mahasiswa.

4

4

21.

Dosen FT. memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan terkait materi kuliah dari mahasiswa.

4

5

22.

Asisten dosen pada praktikum memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan dari praktikan.

4

5

Assurance (Jaminan)

23.

Pegawai/ staff akademik FT. melayani dengan sopan dan ramah.

4

4

24.

Pegawai/staff akademik FT. siap menyelesaikan keluhan mahasiswa .

3

4

25.

Dosen selalu hadir tepat waktu.

3

5

26.

Dosen  mengajar sesuai dengan waktu/jadwal perkuliahan.

3

5

27.

Dosen selalu memberikan materi kuliah kepada mahasiswa.

3

5

28.

Dosen mengajar sesuai dengan silabus perkuliahan.

3

5

29.

Fasilitas perlengkapan di ruang kelas perkuliahan dapat digunakan.

3

4

30.

Praktikum selalu dimulai dengan tepat waktu.

3

5

31.

Asisten dosen pada pratikum menyampaikan materi sesuai dengan modul praktikum.

3

5

32.

Fasilitas perlengkapan di ruang laboratorium dapat digunakan.

3

4

33.

Praktikan mendapatkan alat praktikum yang layak ketika praktek di laboratorium.

3

4

Emphaty (Empati)

34.

Pegawai/staff akademik FT. turut membantu mahasiswa dalam pengisian KRS.

4

5

35.

Dosen pembimbing peduli terhadap mahasiswa.

5

5

36.

Dosen mudah ditemui di luar waktu perkuliahan

4

5

37.

Tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen sesuai dengan materi kuliah yang pernah diberikan.

4

5

38.

Asisten dosen pada praktikum peduli terhadap praktikan.

4

5

39.

Asisten dosen pada praktikum mudah ditemui di luar waktu praktikum.

5

5

Overall (Keseluruhan)

40.

Secara keseluruhan, pelayanan akademik, perkuliahan, dan laboratorium FT.  memuaskan.

4

5