survei kepuasan pelayanan di fakultas teknik (part 1)


BAB I

PENDAHULUAN


1.1             Latar Belakang

 

Fakultas Teknik merupakan salah satu Fakultas yang ada di Universitas Mulawarman. Fakultas Teknik berdiri tahun 1999 di Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur dengan jurusan yang pertama kali dibuka adalah D3 Teknik Pertambangan, kemudian berkembang hingga saat ini memiliki enam program studi, diantaranya adalah D3 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, dan Teknik Kimia. Teknik Industri sendiri berdiri pada tahun 2003 dimana satu angkatan hanya terdiri dari satu kelas. Hingga saat ini, Teknik Industri  sudah banyak mengalami kemajuan walaupun masih terdapat banyak kekurangan.

 

Kondisi Fakultas Teknik khususnya Teknik Industri saat ini yang masih terbilang muda dan masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi bersama diantaranya adalah fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan akademik, fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan mahasiswa, tenaga pengajar (dosen), sistem informasi, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam hal ini maka perlu dilakukan penelitian untuk mencari tingkat kepuasan pelanggan terhadap Fakultas Teknik khususnya Teknik Industri dengan melihat dimensi-dimensi displin ilmu pada manajemen jasa yaitu tentang Service Quality. Dimana dimensi yang memiliki tingkat prioritas atau dipentingkan oleh pelanggan harus mampu diperbaiki oleh Fakultas Teknik, guna dapat memberikan kualitas jasa yang baik bagi Mahasiswa Teknik Industri. Hal yang perlu dilakukan tentunya adalah meningkatkan kualitas dari pelayanan yang diberikan Fakultas Teknik baik yang berkaitan dengan fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan akademik, fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan mahasiswa, tenaga pengajar (dosen), sistem informasi, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Berdasarkan hal tersebut yang mendasari kami untuk melakukan penelitian pada Fakultas Teknik khususnya Teknik Industri untuk mengetahui tingkat kepuasan Mahasiswa Teknik Industri dalam pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik dan untuk mengetahui kualitas layanan Teknik Industri kepada Mahasiswa Teknik Industri serta untuk mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan Mahasiswa Teknik Industri pada pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik.

 

1.2             Tujuan Penelitian

 

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui kualitas pelayanan perkuliahan di Fakultas Teknik Universitas Mulawarman secara keseluruhan,
  2. Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Teknik dalam pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, dan
  3. Untuk mengetahui kesenjangan antara persepsi dan harapan mahasiswa Fakultas Teknik pada prioritas utama yang harus diperbaiki.

 

1.3             Batasan Masalah

 

Adapun batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian kualitas pelayanan hanya dilakukan pada Teknik Industri,
  2. Responden untuk pengisian kuisioner hanya pada mahasiswa Teknik Industri yang telah menempuh minimal tiga semester atau tahun masuk kuliah sebelum dan hingga tahun 2011,
  3. Penelitian dilakukan hanya pada pelayanan di bagian akademik, fasilitas kelas perkuliahan, fasilitas laboratorium, dan tenaga pengajar pada jurusan Teknik Industri.
  4. Penelitian dilakukan terhadap dimensi-dimensi yang terdapat pada studi literatur Service Quality.
  5. Asumsi-asumsi:

Diasumsikan bahwa sampel yang digunakan telah mewakilkan seluruh atau dari jumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mulawarman yang saat ini masih aktif kuliah.

 

1.4             Manfaat Penelitian

 

Adapun manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan perbaikan kualitas pelayanan perkuliahan di Fakultas Teknik
  2. Memberikan penilaian criteria/atribut yang perlu ditingkatkan pada kualitas pelayanan perkuliahan di Fakultas Teknik, dan
  3. Memberikan pemahaman akan pentingnya kualitas pelayanan pada Fakultas Teknik.

 

1.5             Sistematika Penulisan

 

Adapun sistematika penulisan pada penelitian ini adalah sebagai berikut:

BAB I       PENDAHULUAN

Bab ini berisi latar belakang, tujuan penelitian, batasan masalah, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II      PENGUMPULAN DATA

Bab ini berisi tentang pengumpulan data, dimana data-data diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

BAB III    PENGOLAHAN DATA

Bab ini berisi tentang pengolahan dari data-data yang telah dikumpulkan.

BAB IV    ANALISA DAN PEMBAHASAN

Bab ini berisi hasil analisa dan pembahasan yang dilakukan terhadap pengumpulan data dan pengolahan data yang telah dilakukan.

BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan sesuai dengan tujuan dari penelitian yang telah ditetapkan. Selain itu, pada bab ini juga berisi saran yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan dan untuk penelitian selanjutnya.