Tak Ada Ospek di Unmul


SAMARINDA. Kabag Humas Universitas Mulawarman (Unmul), M Ihwan menegaskan jika tahun ini tidak ada kegiatan Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) bagi mahasiswa baru.
Kata dia, Ospek yang biasanya lebih identik dengan intimidasi verbal maupun fisik dari senior pada junior itu sudah lama mereka tinggalkan. Kalaupun ada kegiatan, hanya sebatas pengenalan kampus, Civitas Akademika, serta lembaga mahasiwa. Kegiatan tingkat universitas, yang diberi nama Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB), akan diadakan pada Rabu (29/8) nanti.
“Selain perkenalan kampus, juga akan kita isi dengan kegiatan ESQ (Emotional and Spiritual Quotient, Red). Dari situ kita bisa membangun emosional dan mental mahasiwa kita sebelum memasuki masa perkuliahan awal September nanti,” tutur Ihwan.
Ia menjamin, kegiatan tersebut tidak sedikit pun berbau perpeloncoan. Hanya seremonial untuk penyambutan mahasiswa baru. Karena itu, pihaknya mewajibkan kepada semua calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian masuk baik melalui jalur nasional maupun lokal untuk bisa ikut kegiatan tersebut.
“Kegiatan PAMB nanti terpusat di GOR 27 September. Acara akan dimulai dengan penyematan almamater oleh Pak Rektor (Prof Zamruddin Hasid, Red) kepada perwakilan mahasiwa baru sebagai simbol mereka telah diterima sebagai anggota keluarga besar Unmul. Jadi sebelum itu, tidak boleh ada pengumpulan massa,” tegasnya.
Jika ada pengumpulan massa sebelum jadwal tersebut, Ihwan memastikan bahwa itu kegiatan ilegal. Calon mahasiwa baru maupun orangtua berhak penuh untuk menolak ikut kegiatan sebelum 29 Agustus.
“Kalau soal atribut ataupun rambut pria yang harus gundul dan wanita yang harus kepang dua, tidak kami wajibkan. Itu masalah teknis. Kemungkinan itu di tingkat fakultas. Yang jelas kami sudah koordinasi juga dengan lembaga mahasiswa,” tegasnya.
Setelah PAMB, kegiatan akan dilanjutkan dengan pengenalan di tingkat fakultas dan jurusan pada 30 dan 31 Agustus. Diharapkan, setidaknya pada Senin (3/9) mendatang kegiatan pekuliahan di fakultas masing-masing sudah efektif berjalan.
“Secara keseluruhan, ada sekitar 6.000 mahasiswa baru dari berbagai fakultas yang akan mengikuti PAMB ini. Itu belum terhitung dari lulusan tes lokal gelombang kedua hari ini (kemarin, Red). Hasilnya akan diumumkan Senin (27/9) nanti. Dan mereka semua juga kami wajibkan untuk mengikuti kegiatan PAMB itu,” tandas Ihwan. (yes/lee)

Sumber : http://www.sapos.co.id/index.php/berita/detail/Rubrik/17/40040