Workshop KKN di Perguruan Tinggi


Rektor Universitas Mulawarman melalui Pembantu Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Afif Ruchaemi, M.Sc., Agr membuka secara resmi kegiatan Workshop Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Skim Pengabdian Masyarakat Tahun 2012 Rabu (8/02).

Kasubdit Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DP2M DITJEN DIKTI Dra. Hj. Desmilita, M.Si menjadi pembicara dalam workshop sekaligus diskusi yang dimoderatori Ketua LPPM Unmul Prof. Dr. Hj. Eny Rochaida, SE., M.Si serta dihadiri para dekan, mahasiswa, dan segenap civitas akademika universitas yang tahun ini memasuki tahun emasnya ke – 50 tahun.

Bertempat di Ruang Rapat I, lantai 3 Gedung Rektorat Unmul, Desmilita memaparkan bagaimana pentingnya peran mahasiswa untuk dekat dengan masyarakat agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, profesional, dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

“Perguruan tinggi merupakan tuntunan bagi masyarakat sekaligus menjadi ajang promosi perguruan tinggi tersebut, KKN pun nantinya dapat menjadi referensi untuk penelitian mahasiswa.” terangnya, sembari menyampaikan bahwa tahun ini akan disusun revitalisasi yang menyatakan KKN wajib dilaksanakan oleh seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Menurutnya perguruan tinggi dikenal oleh masyarakat tidak hanya sebagai lembaga pendidikan tinggi semata, tetapi sebagai salah satu pusat atau sumber IPTEK yang diperlukan untuk masyarakat. “Dengan dilaksanakannya Tri Dharma Perguruan Tinggi, diharapkan ada keterkaitan ataupun kemanunggalan antara Pergururan Tinggi dengan masyarakat.” jelasnya. (hms/frn)