Anindya Bakrie Berbagi Kiat Berwirausaha


Chairman sekaligus pendiri Bakrie Center Foundation (BCF) Anindya N Bakrie memberikan kuliah umum kewirausahaan di Universitas Mulawarman, Selasa (14/02). Kuliah yang bersifat pemberian motivasi agar mahasiswa lebih berani berkiprah ke dunia bisnis ini, mengangkat tema perbincangan yang diberi judul “Jadi Pengusaha Siapa Takut?” dilaksanakan di Gedung Serba Guna lantai 4 Rektorat Unmul. Kegiatan yang menarik antusias positif dari mahasiswa ini, dihadiri Rektor, Ketua Kadin Kaltim, segenap civitas akademika dan hadir pula lebih dari 400 mahasiswa/i dari 11 Fakultas dan 3 UP Fakultas.

Di usianya yang relatif muda, pria kelahiran 10 November 1974 tersebut memimpin sejumlah perusahaan nasional di bidang telekomunikasi dan media. Mulai dari menjadi Presiden Direktur Bakrie Telecom dan Visi Media Asia yang membawahi AnTv, tvOne, dan VIVAnews.

“Hari ini saya mencoba berbagi pengalaman untuk menjadi pengusaha. Modalnya harus nekat dan berani, tapi harus memiliki perhitungan yang baik. Apakah kita berani mengambil jalan sebagai pengusaha? Ini ada di batin kita masing-masing. Semua pasti berpikir bagaimana mencari modal. Tapi, jadi pengusaha itu ibaratnya mendorong mobil yang awalnya berat, setelah didorong semakin ringan,” kata Anin yang disambut antusias sejumah mahasiswa.

Anin juga berbagi 5 kiat-kiat penting dalam berwirausaha yaitu The Power of Ideas, The Power of Focus, The Power of Undestanding The Values Chain, The Power of Knowing Your Customers dan yang terakhir adalah The Power of Knowing Your Weakness.

Sementara itu Rektor Unmul Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU mengatakan Unmul akan giat mendatangkan pembicara-pembicara yang berkompeten dalam bidang kewirausahaan guna menumbuhkan jiwa entrepreneurship bagi para mahasiswa maupun alumni.

“Acara ini merupakan kerjasama antara Unmul dan Bakrie Center Foundation, yang bertujan agar lebih mendorong minat mahasiswa untuk menekuni dunia bisnis.” harapnya. Seperti diketahui pada bulan Januari lalu Unmul mengirimkan wakilnya sebagai finalis nasional dalam kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMW) dan Mandiri Young Technopreneur (MYT) di Jakarta. (hms/frn)